Selasa, 22 Februari 2011

MEMULAI PROGRAM JAVA

Untuk membuat program java,anda membutuhkan JDK ( Java Development Kit ) yang di produksi oleh sun Microsystem. JDk ini dapat di download dari situs java.sun.com.

Proses instalasi JDK tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan pengetahuan tertentu. Untuk menggunakannya anda perlu melakukan beberapa penyesuaian . umumnya yang perlu anda lakukan adalah memasukan path ke direktori JDK anda ke setting path pada sistem operasi anda..misalkan direktori JDK anda adalah C:\jdk.4 maka pada windows 98 anda cukup menambahkan baris perintah SET PATH = C:\jdkl.4\bin pada file autoexec.bat anda. Untuk windows NT/2000/XP anda cukup menambahkan directori C:\jdkl.4\bin pada variabel path di system environment.
Caranya : klik kanan ikon my computer,pilih properties. Kemudian pilih tab advance. Klik tombol environment variables, cari variable path,kemudian tambahkan path direktori JDK anda kedalam variabel tersebut. Untuk linuk, tambahkan baris perintah SET CLASSPATH = ( direktori jdk anda ) ke file profil anda. Untuk mencoba JDK, ketikkan perintah java dan javac pada shell prompt ( DOS Command Prompt ). Untuk kemudahan dan berbagai fasilitas tambahan anda dapat menggunakan IDE ( Integrate Development Environment ).
Urutan langkah – langkah yang harus anda lakukan untuk membuat sebuah program java sederhana adalah :
1.    Membuat source code program dengan editor teks apapun, ingat, file tersebut harus berekstensi java dan case sensitive.
2.    Mengkompile source code dengan perintah javac. Misalnya: javac helloworld.java. jika berhasil, hasilnya adalah file bytecode berakhiran .class.
3.    Mengeksekusi bytecode dengan perintah java. Parameter dari perintah ini adalah nama file hasil kompilasi tanpa ekstensi .class. contoh: java helloworld.
   

  I.  Source code
      
Berikut kode untuk helloword.java :


               Public class helloword
                {
                         Public static void main ( string [ ] args )
                          {
System.out.println ( “ Apa Kabar Dunia?” );
                          }
                 }

Perlu di ingat bahasa java bersifat case sensitive, anda harus memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil. Selain itu penulisan source code program tidak harus memperhatikan bentuk tertentu. Namun dianjurkan anda mengikuti layout seperti pada contoh.

J. kompilasi
Setelah itu simpan syntax tersebut dengan nama helloworld.java( sesuai dengan nama class ). Kemudian kita akan meng-compile syntax program dengan perintah :


Prompt> javac helloworld.java


K. sintaks program

Pada listing terdapat pernyataan public class. Pernyataan pembuka sebuah kelas. Kelas sendiri digunakan untuk menciptakan objek. Kata public di depannya berfungsi kelas tersebut dapat diakses oleh semua program lain. Kemudian kita menemukan baris pernyataan public static void main ( string [ ] args ). Perintah ini merupakan pernyataan pembuka sebuah metode. Metode sendiri adalah kumpulan pernyataan untuk melakukan suatu tugas. Setiap aplikasi harus ada sebuah metode yang bernama main yang akan dieksekusi pertama kali saat program dieksekusi.

Pada listing terdapat kata static pada pernyataan pembuka metode main. Dalam metode main dalam aplikasi, parameternya adalah selalu string [ ] args, dimana args hanyalah nama dari objek array dari string. Array ini nantinya akan berisi parameter – parameter yang diberikan user sebagai argumen command line. Ingat bahwa bentuk metode main harus selalu demikian.

Kemudian didalam metode pada listing tersebut,kita menemukan sebuah pernyataan. Anda dapat saja meletakkan lebih dari satu pernyataan dalam sebuah metode. Setiap pernyataan dipisahkan oleh titik koma dan akan dieksekusi satu persatu. Kedua pernyataan pada listing ternyata memanggil sebuah metode lain yaitu metode println.

Untuk memanggil sebuah metode diperlukan tiga komponen yaitu :
1.    Objek yang kita pakai. Dalam hal ini objek system.out
2.    Nama metode yang kita pakai. Dalam hal ini println
3.    Tanda kurung yang berisi informasi tambahan yang diperlukan metode yang dipanggil yaitu parameter.


L . eksekusi


Selanjutnya kita akan mencoba mengeksekusi program ini. Untuk mengeksekusi kita tinggal mengetikkan perintah java helloworld pada prompt dan pesan apa kabar dunia?
Akan tampil di layar sesuai system operasi anda.




Prompt> java helloworld


Tidak ada komentar:

Posting Komentar